20.00
Lowongan Kerja BUMN PT KERETA API INDONESIA (KAI)
Lowongan Kerja BUMN PT KERETA API INDONESIA (KAI) - PT Kereta Api Indonesia adalah Perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang menyelenggarakan jasa angkutan kereta api. Layanan PT Kereta Api Indonesia meliputi angkutan penumpang dan barang. Pada akhir Maret 2007, DPR mengesahkan revisi UU No. 13/1992 yang menegaskan bahwa investor swasta maupun pemerintah daerah diberi kesempatan untuk mengelola jasa angkutan kereta api di Indonesia. Pada tanggal 14 Agustus 2008 PT Kereta Api Indonesia melakukan pemisahan Divisi Jabotabek menjadi PT Kereta Api Commuter Jabotabek (KCJ) untuk mengelola kereta api penglaju di daerah Jakarta dan sekitarnya. selama tahun 2008 jumlah penumpang melebihi 197 juta. Pemberlakuan UU Perkeretaapian No. 23/2007 secara hukum mengakhiri monopoli PT Kereta Api Indonesia.

Lowongan Kerja PT Kereta Api Indonesia - Pada tanggal 28 September 2011, bertepatan dengan peringatan ulang tahunnya yang ke-66, PT KAI meluncurkan logo baru, dengan loga baru tersebut PT KAI berharap dapat memberikan semangat baru kepada pegawai PT KAI agar lebih berprestasi, bertanggung jawab dan memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat Indonesia khususnya penumpang kereta api di indonesia. dan masyarakat Indonesia senantiasa lebih mengandalkan alat transportasi masal seperti kereta api dari pada menggunakan kendaraan pribadi mereka.

Sejarah PT Kereta Api Indonesia (PT KAI)

Kehadiran kereta api di Indonesia ditandai dengan pencangkulan pertama pembangunan jalan KA di desa Kemijen, Jum'at tanggal 17 Juni 1864 oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Mr. L.A.J Baron Sloet van den Beele. Pembangunan diprakarsai oleh Naamlooze Venootschap Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij (NV. NISM) yang dipimpin oleh Ir. J.P de Bordes dari Kemijen menuju desa Tanggung (26 Km) dengan lebar sepur 1435 mm. Ruas jalan ini dibuka untuk angkutan umum pada hari Sabtu, 10 Agustus 1867.

Keberhasilan swasta, NV. NISM membangun jalan KA antara Kemijen - Tanggung, yang kemudian pada tanggal 10 Februari 1870 dapat menghubungkan kota Semarang - Surakarta (110 Km), akhirnya mendorong minat investor untuk membangun jalan KA di daerah lainnya. Tidak mengherankan, kalau pertumbuhan panjang jalan rel antara 1864 - 1900 tumbuh de-ngan pesat. Kalau tahun 1867 baru 25 Km, tahun 1870 menjadi 110 Km, tahun 1880 mencapai 405 Km, tahun 1890 menjadi 1.427 Km dan pada tahun 1900 menjadi 3.338 Km.

Selain di Jawa, pembangunan jalan KA juga dilakukan di Aceh (1874), Sumatera Utara (1886), Sumatera Barat (1891), Sumatera Selatan (1914), bahkan tahun 1922 di Sulawasi juga telah dibangun jalan KA sepanjang 47 Km antara Makasar-Takalar, yang pengoperasiannya dilakukan tanggal 1 Juli 1923, sisanya Ujungpandang - Maros belum sempat diselesaikan. Sedangkan di Kalimantan, meskipun belum sempat dibangun, studi jalan KA Pontianak - Sambas (220 Km) sudah diselesaikan. Demikian juga di pulau Bali dan Lombok, pernah dilakukan studi pembangunan jalan KA.

Sampai dengan tahun 1939, panjang jalan KA di Indonesia mencapai 6.811 Km. Tetapi, pada tahun 1950 panjangnya berkurang menjadi 5.910 km, kurang Iebih 901 Km raib, yang diperkirakan karena dibongkar semasa pendudukan Jepang dan diangkut ke Burma untuk pembangunan jalan KA di sana.

Jenis jalan rel KA di Indonesia semula dibedakan dengan lebar sepur 1.067 mm; 750 mm (di Aceh) dan 600 mm di beberapa lintas cabang dan tram kota. Jalan rel yang dibongkar semasa pendudukan Jepang (1942 - 1943) sepanjang 473 Km, sedangkan jalan KA yang dibangun semasa pendudukan Jepang adalah 83 km antara Bayah - Cikara dan 220 Km antara Muaro - Pekanbaru. Ironisnya, dengan teknologi yang seadanya, jalan KA Muaro - Pekanbaru diprogramkan selesai pembangunannya selama 15 bulan yang mempekerjakan 27.500 orang, 25.000 diantaranya adalah Romusha. Jalan yang melintasi rawa-rawa, perbukitan, serta sungai yang deras arusnya ini, banyak menelan korban yang makamnya bertebaran sepanjang Muaro- Pekanbaru.

Setelah kemerdekaan Indonesia diproklamir-kan pada tanggal 17 Agustus 1945, karyawan KA yang tergabung dalam Angkatan Moeda Kereta Api (AMKA) mengambil alih kekuasa-an perkeretaapian dari pihak Jepang. Peristiwa bersejarah tersebut terjadi pada tanggal 28 September 1945. Pembacaan pernyataan sikap oleh Ismangil dan sejumlah anggota AMKA lainnya, menegaskan bahwa mulai tanggal 28 September 1945 kekuasaan perkeretaapian berada di tangan bangsa Indonesia. Orang Jepang tidak diperbolehkan campur tangan lagi urusan perkeretaapi-an di Indonesia. Inilah yang melandasi ditetapkannya 28 September 1945 sebagai Hari Kereta Api di Indonesia, serta dibentuknya Djawatan Kereta Api Republik Indonesia (DKARI).

Arti Logo PT Kereta Api Indonesia (PT KAI)

  • 3 Garis melengkung melambangkan gerakan yang dinamis PT KAI dalam mencapai Visi dan Misinya.
  • 2 Garis warna orange melambangkan proses Pelayanan Prima (Kepuasan Pelanggan) yang ditujukan kepada pelanggan internal dan eksternal. Anak panah berwarna putih melambangkan Nilai Integritas, yang harus dimiliki insan PT KAI dalam mewujudkan Pelayanan Prima.
  • 1 Garis lengkung berwarna biru melambangkan semangat Inovasi yang harus dilakukan dalam memberikan nilai tambah ke stakeholders. (Inovasi dilakukan dengan semangat sinergi di semua bidang dan dimulai dari hal yang paling kecil sehingga dapat melesat.)


Visi dan Misi PT Kereta Api Indonesia (PT KAI)

Visi

Menjadi penyedia jasa perkeretaapian terbaik yang fokus pada pelayanan pelanggan dan memenuhi harapan stakeholders

Misi  : 

Menyelenggarakan bisnis perkeretaapian dan bisnis usaha penunjangnya, melalui praktek bisnis dan model organisasi terbaik untuk memberikan nilai tambah yang tinggi bagi stakeholders dan kelestarian lingkungan berdasarkan 4 pilar utama : 
  1. Keselamatan, 
  2. Ketepatan waktu, 
  3. Pelayanan dan 
  4. Kenyamanan


Untuk mencapai visi perusahaan yaitu menjadi kelompok bisnis terkemuka di Indonesia yang memberikan pelayanan terbaik kepada stakeholder-nya, BUMN PT Kereta Api Indonesia (KAI) sedang mencari pemuda - pemudi terbaik yang sangat kompeten dan termotivasi diri untuk mengisi posisi lowongan kerja terbaru 2015.

Dalam rangka memperluas jaringan bisnis terbaru bulan Maret 2015 dan untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia BUMN PT Kereta Api Indonesia (KAI) di dibuka Lowongan Kerja Terbaru dengan posisi : BANYAK POSISI LOWONGAN KERJA

Pada hari ini Maret 2015 BUMN PT Kereta Api Indonesia (KAI) kembali membuka kesempatan berkarir atau membuka Lowongan Kerja Terbaru Maret 2015 untuk lulusan terbaru dengan kualifikasi sebagai berikut :


PT. Kereta Api Indonesia (Persero) adalah perusahaan yang bergerak dibidang jasa transportasi terbesar di Indonesia, yang mengutamakan profesionalisme dan kinerja, memberikan kesempatan kepada putra-putri terbaik Indonesia untuk berkarier dan membangun perusahaan. PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengadakan rekrutmen tahun 2015 dengan persyaratan dan kriteria sebagai berikut :

Lowongan PT KAI Posisi : PENGUMUMAN REKRUTMEN PEGAWAI PT KAI

A. Kriteria Pelamar
  1. Warga Negara Indonesia (WNI); 
  2. Sehat jasmani /rohani serta tidak buta warna;
  3. Berkelakuan baik;
  4. Berijazah Diploma III / Sarjana dengan IPK Minimal 2.95 dan program studi terakreditasi A pada tanggal kelulusan;
  5. Usia pelamar per 1 April 2015 serendah-rendahnya 18 (delapan belas) tahun dan setinggi-tingginya 30 (tiga puluh) tahun untuk D.III dan serendah-rendahnya 18 (delapan belas) tahun dan setinggi-tingginya 35 (tiga puluh lima) tahun untuk S1; 
  6. Diutamakan PRIA, dengan tinggi badan minimal 160 cm (berat badan ideal)
  7. Tidak pernah terlibat Narkoba atau Psikotropika;
  8. Tidak bertato; 
  9. Khusus pria tidak bertindik;
  10. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah kerja PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO);
  11. Lulus dalam mengikuti Seleksi  Calon Pekerja Baru yang diselenggarakan oleh Panitia Rekrut PT KERETA API INDONESIA (PERSERO) Tahun 2015.

TINGKAT PENDIDIKAN :
  • Diploma III Akuntansi
  • Sarjana :
    • Akuntansi
    • Hukum

B. Persyaratan Umum Lamaran

  1. Fotocopy ijazah Diploma III / Sarjana dilegalisir; 
  2. Fotocopy transkip nilai dilegalisir;
  3. Keterangan akreditasi jurusan dari ban-pt (pada tanggal kelulusan);
  4. Fotocopy kartu tanda penduduk (ktp) yang masih berlaku;
  5. Pas foto berwarna terbaru ukuran 4x6 sebanyak 4 lembar;
  6. Foto copy akte kelahiran / surat kenal lahir;
  7. Asli surat keterangan kelakuan baik dari kepolisian yang masih berlaku;
  8. Surat pernyataan bersedia  ditempatkan di seluruh wilayah perusahaan bermaterai rp. 6.000,00 (ditulis tangan sendiri);
  9. Surat pernyataan bersedia dituntut oleh hukum yang berlaku serta dikeluarkan dari perusahaan, apabila data yang diberikan pada saat melamar tidak benar/palsu, bermeterai rp. 6.000,00 (ditulis tangan sendiri);
  10. Curiculum vitae, mencantumkan pengalaman bekerja sampai dengan saat ini;
  11. Ijazah tertinggi yang dimiliki bila ada;
  12. Sertifikat keahlian lainnya bila ada;
  13. Asli surat keterangan bebas narkoba dari kepolisian.

Keterangan :
  • Persyaratan 1, 2, 3, 4, dan 5 dibawa pada saat seleksi administrasi dan kesehatan tahap 1.
  • Persyaratan 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13 diberikan pada saat penandatanganan kontrak magang.

C. Tahapan Seleksi

Pelaksanaan pertahapan seleksi akan dilaksanakan secara estafet keesokan harinya sesuai pengumuman.
  1. Seleksi Administrasi dan Kesehatan Awal (10 & 11 Maret 2015 pukul 08.00 wib)
  2. Seleksi Wawancara
  3. Seleksi Psikologi
  4. Seleksi Kesehatan Akhir

D. Tempat Pelaksanaan Seleksi

Pelaksanaan Seleksi akan dilaksanakan di 2 tempat yaitu :

1. Klinik Kebon Kawung PT. Kereta Api Indonesia (Persero)
    Jl. Kebon Kawung No. 43, Bandung

2. Gedung Serba Guna Kantor DAOP VIII Surabaya
    Jl. Gubeng Masjid, Surabaya


E. Prosedur Melamar
  • Pelamar datang ke tempat pendaftaran dengan membawa fotocopy ijazah dilegalisir, transkrip nilai dilegalisir, keterangan akreditasi program studi, foto copy kartu tanda penduduk dan pas foto 4X6 4 (empat) lembar.
  • Pelamar yang memenuhi kriteria dan lulus seleksi administrasi berhak mengikuti langsung seleksi kesehatan awal.
  • Pengumuman seleksi tahap 1 (Administrasi dan Kesehatan Awal) akan diumumkan sore hari, yang lulus akan mengikuti seleksi tahap 2 yaitu wawancara keesokan harinya.

Ketentuan lainnya :
  • Pelamar yang berhak mengikuti seleksi tahap 2 sampai akhir adalah pelamar yang dinyatakan lulus dalam setiap tahapan seleksi.
  • Setiap pelaksanaan seleksi, peserta wajib membawa kartu peserta.
  • Dalam proses seleksi ini tidak dipungut biaya apapun dan dihimbau untuk mengabaikan pihak-pihak yang menjanjikan dapat membantu kelulusan.
  • Dalam proses seleksi ini berlaku sistem gugur dan keputusan panitia tidak dapat diganggu gugat.
  • Peserta seleksi yang tidak hadir pada waktu yang telah ditentukan, dianggap mengundurkan diri.


Catatan :
  • Loker 2015 BUMN PT Kereta Api Indonesia (KAI) ditutup : 11 Maret 2015


Bagaimana Anda tertarik untuk bekerja di  PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) ?

Jika anda tertarik dengan loker terbaru hari ini bulan Maret 2015 ini yaitu yang memberikan informasi kepada anda tentang : Lowongan Kerja Terbaru PT Kereta Api Indonesia (PT KAI), Silahkan DATANG LANGSUNG tanggal 10 - 11 Maret 2015 ke Klinik KAI sebagaimana yang ditentukan dengan membawa persyaratan yang diperlukan.


Sumber Lowongan Kerja :
http://goo.gl/eVg9UO